Sunday, October 26, 2025
Sumatra Inspirasi Indonesia
  • HIBURAN
  • KESEHATAN
  • TEKNOLOGI
  • OLAHRAGA
  • MUSIK
  • FILM
Tidak ada hasil
Lihat Semua Hasil
Sumatra Inspirasi Indonesia
  • HIBURAN
  • KESEHATAN
  • TEKNOLOGI
  • OLAHRAGA
  • MUSIK
  • FILM
Tidak ada hasil
Lihat Semua Hasil
Tidak ada hasil
Lihat Semua Hasil
Sumatra Inspirasi Indonesia
Beranda TRANS SUMATRA BANDAR LAMPUNG

2022, Ada 244 Pengaduan ke Ombudsman Lampung

Sri Agustina Editor Sri Agustina
06/01/2023 10:06
in BANDAR LAMPUNG, BERITA UTAMA, TRANS SUMATRA
A A
2022, Ada 244 Pengaduan ke Ombudsman Lampung

Kantor Ombudsman Perwakilan Lampung. (Foto:Dok.Ombudsman)

Share on FacebookShare on Twitter

Suma.id: Sepanjang tahun 2022 jumlah laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman RI Kantor Perwakilan Lampung, tercatat sebanyak 244 aduan. Dari total tersebut, 184 aduan diantaranya telah selesai ditangani.

“Target penyelesaian dari pusat adalah 75 persen, dan di Ombudsman Perwakilan Lampung mampu menyelesaikan aduan dengan persentase 75,41 persenpersen pada tahun 2022,” kata Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf,di Bandar Lampung, Jumat, 6 Januari 2023.

Nur mengatakan selain aduan regulee dan respons cepat, ada juga 196 konsultasi masyarakat mengenai maladministrasi instansi pelayanan publik. Data terbanyak, yakni konsultasi pedesaan. “Aduan masalah pedesaan itu kebanyakan adanya pemecatan secara sepihak perangkat desa oleh kepala desa atau kepala pekon terpilih. Pemecatannya tidak sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.

BacaJuga

Peringati HGN, Sumut Gelar Inspiring Teacher

Politik Uang Rusak Demokrasi

Polres Lampung Selatan Beri Penghargaan Personel dan Warga Berprestasi

Masyarakat Bangka Belitung Didukung Kembangkan Budi Daya Ikan Kerapu

Laporan aduan masyarakat di Ombudsman, lanjut Nur sebelum dinyatakan selesai ditangani harus melalui beberapa tahapan, seperti; pemeriksaan laporan, pengembangan jaringan pengawas, konsultasi aduan langsung, verifikasi laporan masyarakat, hingga tahapan penanganan laporan. “Target penyelesaian laporan aduan masyarakat itu 135 hari, tapi penyelesaian biasanya dibawah itu. Rata-rata aduan dapat diselesaikan selama 98 hari, kalau seluruh dokumen pendukungnya lengkap,” kata dia.

Pada tahun 2023, Ombudsman Perwakilan Lampung akan terus berupaya meningkatkan efektivitas baik dari sektor sumber daya manusia, hingga melakukan inovasi mekanisme penyelesaian laporan aduan masyarakat.

“Semakin banyak aduan masyarakat yang masuk ke Ombudsman, tandanya kesadaran masyarakat untuk lebih proaktif dalam menyampaikan maladministrasi pelayanan publik juga meningkat. Tahun 2023 menuju tahun Politik, biasanya ada saja laporan yang masuk tentang proses atau tahapan pemilu,” kata Nur.

Sebelumnya diberitakan, kantor Ombudsman RI Perwakilan Lampung menerima 244 aduan masyarakat dan 196 konsultasi selama tahun 2022. Aduan terbanyak yang masuk pada tahun 2022 yakni masalah pedesaan dengan jumlah 70 aduan atau 15,91 persen.

Perwakilan Lampung mampu menyelesaikan aduan dengan persentase 75,41 persenpersen pada tahun 2022,” kata Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf,di Bandar Lampung, Jumat, 6 Januari 2023.

Nur mengatakan selain aduan regulee dan respons cepat, ada juga 196 konsultasi masyarakat mengenai maladministrasi instansi pelayanan publik. Data terbanyak, yakni konsultasi pedesaan.

“Aduan masalah pedesaan itu kebanyakan adanya pemecatan secara sepihak perangkat desa oleh kepala desa atau kepala pekon terpilih. Pemecatannya tidak sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.

Laporan aduan masyarakat di Ombudsman, lanjut Nur sebelum dinyatakan selesai ditangani harus melalui beberapa tahapan, seperti; pemeriksaan laporan, pengembangan jaringan pengawas, konsultasi aduan langsung, verifikasi laporan masyarakat, hingga tahapan penanganan laporan.

“Target penyelesaian laporan aduan masyarakat itu 135 hari, tapi penyelesaian biasanya dibawah itu. Rata-rata aduan dapat diselesaikan selama 98 hari, kalau seluruh dokumen pendukungnya lengkap,” kata dia.

Pada tahun 2023, Ombudsman Perwakilan Lampung akan terus berupaya meningkatkan efektivitas baik dari sektor sumber daya manusia, hingga melakukan inovasi mekanisme penyelesaian laporan aduan masyarakat.

“Semakin banyak aduan masyarakat yang masuk ke Ombudsman, tandanya kesadaran masyarakat untuk lebih proaktif dalam menyampaikan maladministrasi pelayanan publik juga meningkat,” katanya.

“Tahun 2023 menuju tahun Politik, biasanya ada saja laporan yang masuk tentang proses atau tahapan pemilu,” kata Nur.

Sebelumnya diberitakan, kantor Ombudsman RI Perwakilan Lampung menerima 244 aduan masyarakat dan 196 konsultasi selama tahun 2022. Aduan terbanyak yang masuk pada tahun 2022 yakni masalah pedesaan dengan jumlah 70 aduan atau 15,91 persen.

Tags: lampungOmbudsmanPengaduan
Posting Sebelumnya

BPBD Bandar Lampung Petakan Daerah Rawan Bencana

Posting berikutnya

Susi Air Kembali Layani Penerbangan Krui-Bandar Lampung Sekali Sepekan

Sri Agustina

Sri Agustina

BeritaTerkait

Maxi Day 2025 Lampung: Merayakan Satu Dekade Keunggulan Yamaha Maxi Series

Maxi Day 2025 Lampung: Merayakan Satu Dekade Keunggulan Yamaha Maxi Series

31/08/2025 08:00
Lampung dan Jawa Timur Sepakati Kerja Sama Ekonomi Senilai Rp676 Miliar

Lampung dan Jawa Timur Sepakati Kerja Sama Ekonomi Senilai Rp676 Miliar

17/08/2025 16:00
Politik Uang Rusak Demokrasi

Politik Uang Rusak Demokrasi

11/11/2024 14:00
Tanaman Tebu

Pengembangan Produksi Tebu di Lampung Dorong Pertumbuhan Ekonomi

13/07/2023 20:12
Potensi Udang di Lampung Menjanjikan Peluang Ekonomi dan Kesejahteraan

Potensi Udang di Lampung Menjanjikan Peluang Ekonomi dan Kesejahteraan

06/07/2023 20:46
Posting berikutnya
Susi Air Kembali Layani Penerbangan Krui-Bandar Lampung Sekali Sepekan

Susi Air Kembali Layani Penerbangan Krui-Bandar Lampung Sekali Sepekan

Resmi Buka KTT G-20 Presiden Jokowi Fokuskan Pada Ancaman Krisis Pangan

Presiden Jokowi Beri Sinyal Bakal Kurangi Impor BBM

BioNTech Jerman Rencanakan Uji Coba Terapi Kanker mRNA di Inggris

BioNTech Jerman Rencanakan Uji Coba Terapi Kanker mRNA di Inggris

Jadi Bank Digital, Dirkesi dan Komisaris Bank Mayora Dirombak

Jadi Bank Digital, Dirkesi dan Komisaris Bank Mayora Dirombak

Tari Kreasi di Malam Apresiasi Seni Melayu

Tari Kreasi di Malam Apresiasi Seni Melayu

Tidak ada hasil
Lihat Semua Hasil

Berita Lainnya

Gubernur Sumsel Herman Deru Pastikan PTM Mulai Juli 2021

Gubernur Sumsel Herman Deru Pastikan PTM Mulai Juli 2021

02/06/2021 15:39
Masyarakat Bisa Ikut Uji Klinik Vaksin Nusantara

Biaya Pengadaan Vaksin Covid-19 Capai Rp21,1 Triliun

25/10/2021 18:06
Perangkat Desa Disiapkan Beasiswa Oleh Pemprov Bengkulu

Perangkat Desa Disiapkan Beasiswa Oleh Pemprov Bengkulu

04/06/2023 20:25
Jambi Siapkan Jalur Alternatif Angkutan Batu Bara

Jambi Siapkan Jalur Alternatif Angkutan Batu Bara

07/06/2022 16:41
49 Orang Ditangkap dalam Razia Narkoba di Palembang

49 Orang Ditangkap dalam Razia Narkoba di Palembang

05/07/2021 11:04
Sumatra Inspirasi Indonesia

Copyright © 2021 SUMA.ID All-Rights-Reserved

Suma.id menjadi rumah berita dan informasi dari seluruh wilayah di Sumatra, termasuk Lampung, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, sampai Nangroe Aceh Darusalam. Suma.id tampil dalam wujud multimedia. Konten tidak hanya berupa teks dan foto, tetapi juga video, audio, grafis, dan videografis. Dengan tidak meninggalkan berita-berita nasional dan internasional

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber

Follow Us

Tidak ada hasil
Lihat Semua Hasil
  • HIBURAN
  • KESEHATAN
  • TEKNOLOGI
  • OLAHRAGA
  • MUSIK
  • FILM

Copyright © 2021 SUMA.ID All-Rights-Reserved

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist